Sunday, February 7, 2016

NASKAH PIDATO TEMA KEBERSIHAN LINGKUNGAN



Nama  : Nensi Mira Agustin
No       : 06
Kelas   : XII IPS 2
NASKAH PIDATO
Assalamualaikum Wr.Wb
Yth. Ibu Guru Bahasa Indonesia
dan Teman Teman Yang Berbahagia
            Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT atas segala rahmat nikmat serta hidayahnya sehingga kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul disini. Dan saya ucapkan terimakasih kepada ibu guru Bahasa Indonesia dan teman teman yang telah memberikan saya kesempatan untuk berpidato dengan tema “Kebersihan Lingkungan”.
            Teman teman yang berbahagia.
Perlu kita ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kelestarian dan kebersiahan lingkungan agar kita dapat hidup dengan nyaman. Saat ini, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sangatlah kurang. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan membuat kita seakan acuh dengan kondisi lingkungan kita. Hal ini bisa kita lihat pada orang orang disekeliling kita yang masih banyak membuang sampah di sembarang tempat.
Banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya kebersihan lingkungan dalam kehidupan ini. Lingkungan yang bersih membuat kita nyaman dalam menjalankan berbagai aktivitas. Selain itu, kebersihan lingkungan juga sebagai wujud nyata dalam pencegahan timbulnya berbagai penyakit. Karena, banyak penyakit yang timbul akibat lingkungan yang kumuh. Banyak cara untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih. Misalnya, dengan membuang sampah pada tempatnya, rutin membersihkan selokan, membersihkan MCK dan masih banyak lagi.
Teman teman yang berbahagia.
Lingkungan yang bersih bukan hanya lingkungan yang terhindar dari tumpukan sampah. Tapi juga lingkungan yang bebas dari pencemaran lingkungan. Misalnya pencemaran air yang disebabkan oleh limbah pabrik yang di alirkan ke sungai. Harusnya limbah cair di olah terlebih dahulu sebelum di buang ke sungai agar tidak terjadi pencemaran air. Selain itu juga adanya polusi udara yang diakibatkan oleh kendaraan yang setiap hari jumlahnya semakin banyak. Pemakaian kendaraan yang berlebihan membuat  udara tercemar oleh asap kenalpot.
Kita sebagai kader muda, harus peduli dengan lingkungan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Kita juga perlu membudayakan hidup bersih dalam masyarakat mulai dari hal yang paling kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya dan tidak memggunakan kendaraan bermotor secara berlebihan. Dan kita juga harus memberanikan diri untuk menegur siapapun yang membuang sampah sembarangan agar mereka juga bisa tertib dalam membuang sampah.
Teman teman yang berbahagia.
Marilah kita bersama sama menjaga kebersihan lingkungan kita, demi terwujudnya kelestarian lingkungan dan kenyamanan hidup kita sekarang dan masa yang akan datang. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Ada kurangnya saya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment