Thursday, October 13, 2016

ringkasan materi AKUNTANSI DAN KEGIATAN PERUSAHAAN




1.     Proses Akuntansi
a.       Tahap pencatatan dan penggolongan
Kegiatan yang termasuk tahap pencatatan dan penggolongan antara lain:
·         Penyusunan atau pembuatan bukti bukti pembukuan atau bukti transaksi.
·         Pencatatan ke dalam jurnal, baik jurnal umum maupun jurnal khusus.
·         Posting atau pencatatan ke buku besar, baik ke buku besar utama maupun buku besar pembantu.
b.      Tahap pengiktisaran/peringkasan
Pada tahap pengiktisaran meliputi kegiatan kegiatan berikut:
ü  Penyusunan neraca saldo, yang datanya bersumber dari saldo saldo yang ada pada buku besar.
ü  Penyusunan jurnal penyesuaian, untuk menyesuaikan dengan keadaan atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode, dan penyusunan kertas kerja/ neraca lajur yang bertujuan untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.
ü  Pembuatan jurnal penutup, dibuat untuk mengetahui besarnya laba atau rugi suatu perusahaan, sekaligus untuk menutup perkiraan atau akun yang bersifat sementara.
ü  Pembuatan neraca saldo setelah penutupan, dipergunakan untuk mengecek kembali pencatatan yang akan dilakukan pada periodo berikutnya.
ü  Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
ü  Penyusunan jurnal pembalik, dipergunakan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan pencatatan pada periode akuntansi berikutnya.
c.       Tahap pelaporan
Adapun tahap pelaporan meliputi kegiatan kegiatan berikut:
v  Penyusunan laporan keuangan, yang terdiri atas laporan rugi/laba, laporan perubahan modal, neraca, dan laporan arus kas.
v  Pembuatan analisa laporan keuangan digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi, baik untuk perkembangan usaha maupun penambahan investasi.
2.     Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya adalah melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia.
Kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan menggabungkan berbagai faktor produksi yaitu manusia, alam dan modal. Kegiatan produksi dan distribusi umumnya dilakukan untuk memperoleh laba.namun ada juga kegiatan produksi yang tujuannya bukan untuk mencari laba. Seperti yayasan sosial, keagamaan, dll. Hasil suatu produksi dapat berupa barang dan jasa.
3.     Bentuk Badan Usaha Dan Jenis Perusahaan
a)       Bentuk badan usaha
·         Perusahaan perorangan yaitu perusahaan yang dimiliki oleh seseorang dan orang itu bertanggung jawab sepenuhnya atas semua resiko dan kegiatan perusahaan.
·         Firma yaitu perusahaan yang dimiliki oleh 2 orang atau lebih dan orang itu mengoperasionalkan perusahaan dengan nama bersama.
·         Perseroan komanditer yaitu perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih dan salah satunya atau beberapa anggota bertanggung jawab tidak terbatas atas hutang perusahaan.
·         Perseroan terbatas yaitu perusahaan yang dimiliki oleh satu orang, dua orang atau lebih sebagai pemegang saham yang bertanggung jawab terbatas atas hutang perusahaan.
b)      Jenis perusahaan
Ø  Berdasarkan hasil produksinya:
a)      Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatan menjual atau menawarkan jasa.
b)      Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjualnya kembali tanpa melakukan pengolahan lagi.
c)      Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi dan kemudian menjual barang jadi tersebut.
Ø  Berdasarkan lapangan usaha:
a.       Perusahaan ekstratif adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengambilan kekayaan alam.
b.      Perusahaan agraris adalah perusahaan yang bekerja dengan cara mengolah lahan/ladang.
c.       Perusahaan industri adalah perusahaan yang menghasilkan barang mentah dan setengah jadi menjadi barang jadi atau meningkatkan nilai gunanya.
d.      Perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang bergerak dalam hal perdagangan.
e.       Perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa.
Ø  Berdasarkan kepemilikan:
a)      Perusahaan negara adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh negara.
b)      Perusahaan koperasi adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh anggotanya.
c)      Perusahaan swasta adalah perusahaan yang didirikan dan dimodali oleh sekelompok orang dari luar perusahaan.
4.     Kegiatan Akuntansi
a.       Pengidentifikasian dan pengukuran data relevan untuk pengambilan keputusan
Data yang relevan untuk keputusan terdiri dari transaksi-transaksi dan kejadian dalam perusahaan. Transaksi atau kejadian akan selalu berhubungan dengan tindakan yang telah diselesaikan, misalnya membeli barang.
b.      Pemrosesan data dan kemudian pelaporan informasi yang dihasilkan.
Proses dan pelaporan data mencakup kegiatan pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran.
c.       Pengkomunikasian informasi kepada pemakai laporan agar berguna untuk mengambil keputusan, laporan keuangan perlu dianalisa dan di interprestasikan. Analisa laporan keuangan pada hakikatnya adalah menghubungkan angka-angka yang terdapat pada laporan keuangan dengan angka lain atau menjelaskan perubahan nya.
d.      Analisa dan Interprestasi.
Laporan Akuntansi yang dihasilkan oleh suatu sistem akuntansi banyak macam ragamnya. Jenis laporan yang dihasilkan tergantung pada pihak-pihak yang menggunakan laporan tersebut. Salah satu yang utama adalah Laporan Keuangan.
















No comments:

Post a Comment