Sunday, September 13, 2015

anakIPSBelajarBiologi :makalah metabolisme secara mekanik



KATA PENGANTAR
        Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita, sehingga tugas makalah biologi tentang “metabolisme makanan secara mekanik” dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini juga sebagai tugas yang harus dikerjakan untuk sarana pembelajaran bagi kita.
          Adapun makalah biologi tentang metabolisme makanan secara mekanik ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan dari berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini.
          Selayaknya manusia biasa yang tidak pernah lepas dari kesalahan, maka dalam pembuatan makalah ini masih banyak yang harus dikoreksi dan jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat dianjurkan guna memperbaiki kesalahan dalam makalah ini. Demikian, apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam isi, kami atas nama penyusun mohon maaf yang sebesar besarnya.


Ponorogo, 15 Januari 2015

Penyusun







DAFTAR ISI

1)    COVER.............................................................................................................................
2)   KATA PENGANTAR.....................................................................................................
3)   PENDAHULUAN............................................................................................................
1.1          Latar Belakang.............................................................................................
1.2         Rumusan Masalah........................................................................................
1.3         Tujuan dan Manfaat...................................................................................
4)   BAB 1..............................................................................................................................
1.     Pengertian Metabolisme.........................................................................
2.    Metabolisme Mekanik....................................................................................
a.    Gigi...............................................................................................................
b.    Lambung......................................................................................................
c.    Usus Besar..................................................................................................
5)   KESIMPULAN................................................................................................................
















PENDAHULUAN
1.1         LATAR BELAKANG
Di alam ini ada banyak sekali makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang di habitatnya masing masing. Setiap makhluk hidup mempunyai sifat dan kebiasaan masing masing. salah satu ciri dari makhluk hidup adalah melakukan proses penguraian makanan yang dikonsumsi oleh semua makhluk hidup.
Semua makhluk hidup pasti memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Selain itu makanan juga menjadi sumber tenaga dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh makhluk hidup. Makanan tersebut masuk melalui organ pencernaan. Setelah masuk ke dalam tubuh, makanan tersebut akan mengalami proses perombakan. Zat zat yang terkandung dalam makanan diuraikan menjadi sumber energi.
Hasil penguraian zat zat makanan tersebut yang menjadi sumber tenaga untuk melakukan aktivitas kehidupan. Bisa kita bayangkan, jika zat zat yang ada dalam makanan tidak diuraikan pasti tidak ada tenaga yang dihasilakan dalam tubuh. Maka makhluk hidup tidak mempunyai kemampuan untuk menjalani aktivitas kehidupan. Proses inilah yang kita kenal dengan proses metabolisma.
1.2        RUMUSAN MASALAH
Dalam makalah ini akan membahas mengenai :
1.     Apa pengertian metabolisme makanan secara mekanik?
2.    Bagaimana proses metabolisme makanan secara mekanik?

1.3        TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
Memahami proses metabolisme secara mekanik pada proses pencernaan. 

BAB 1
1.    PENGERTIAN METABOLISME
Metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup, proses ini merupakan pertukaran zat ataupun suatu organism dengan lingkungannya. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu “metabole” yang berarti perubahan, dapat kita katakana bahwa makhluk hidup mendapat, mengolah dan mengubah suatu zat melalui proses kimiawi untuk mempertahankan hidupnya. Pencernan makanan pada saluran pencernaan manusia meliputi dua proses yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.
2.   METABOLISME MEKANIK
Metabolisme mekanik adalah metabolisme yang dilakukan oleh gigi lambung dan usus besar. Makanan masuk ke dalam tubuh pertama kali melewati rongga mulut. Oleh karena itu, proses pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi sudah dimulai pada bagian ini. Pada rongga mulut terdapat bagian yang berperan dalam proses metabolisme mekanik yakni gigi. Selain pada rongga mulut, proses metabolisme makanan secara mekanik juga dilakukan di dalam lambung dan usus halus.
a.  GIGI
Gigi berfungsi sebagai alat pencernaan secara mekanis karena membantu memecah makanan menjadi potongan potongan yang lebih kecil. Makanan dipotong dengan gigi seri, dirobek  dengan gigi taring dan dikunyah dengan gigi geraham.






b.  LAMBUNG
Di lambung terjadi pencernaan mekanis karena adanya kontraksi otot lambung. Kontraksi otot lambung mengakibatkan bolus atau gumpalan makanan tercampur dan teraduk menjadi bubur (chyme).

c.   USUS BESAR
Sisa makanan hasil pencernaan di usus halus masuk ke usus besar. Di usus besar terjadi proses pembusukan sisa makanan menjadi feses oleh bakteri Escherichia coli. Selain pembusukan sisa makanan, bakteri E. Coli juga menghasilkan vitamin K dan vitamin B 12. Bagian akhir usus besar di sebut rektum. Di rektum tidak lagi terjadi penyerapan air. Rektum dapat berkontraksi sehingga menimbulkan defekasi. Defekasi adalah pengeluaran zat zat sisa makanan melalui anus.
d.  ANUS
Bagian yang terakhir dari saluran pencernaan merupakan bagian yang menggelembung disebut rektum. Penyerapan air tidak lagi  terjadi pada rektum, Rektum dapat berkontraksi yang aktivitas kontraksinya dapat menimbulkan terjadinya defekasi. Selanjutnya apabila  fases sudah siap dibuang maka otot spinkter rektum mengatur pembukaan dan penutupan anus.


Pada metabolisme mekanik umumnya tidak menambah susunan molekul bahan makanan yang di cerna. Pencernaan mekanik menjadi lebih mudah karena adanya salifa atau air ludah. Pencernaan mekanik dibantu oleh gerakan saluran pencernaan seperti gerakan peristaltik dan gerak segmentasi. Gerak gerak ini memungkinkan makanan di dorong kemudian di remas dan dicampur dengan enzim pencernaan atau pengadukan. Fungsi metabolisme secara mekanik adalah untuk mengahaluskan makanan sehingga mudah untuk mengalami pencernaan secara kimiawi atau enzimatik.
3.   KESIMPULAN
Dari makalah ini dapat kita simpulkan bahwa pada manusia mengalami proses metabolisme secara mekanik, yang berfungsi untuk menghaluskan makanan sehingga mudah untuk mengalami pencernaan secara kimiawi. Yang dilakukan oleh gigi , lambung, usus besar dan anus.

No comments:

Post a Comment